Nyaman, cepat, dan simpel. Tiga hal tersebut merupakan impian semua orang dalam melakukan segala hal, termasuk bertransaksi.

Tak heran, guna mencapai tiga hal tersebut PD BPR Bank Jogja terus berinovasi. Salah satunya, meluncurkan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) tanpa kartu yang rencananya bisa digunakan oleh nasabah pada awal Desember mendatang.

Direktur Utama PD BPR Bank Jogja, Kosim Junaedi, mengatakan tujuan ATM tanpa kartu tersebut tidak lain demi kemudahan bertransaksi bagi para nasabah.

“Penyediaan ATM tujuannya untuk mempermudah bagi nasabah untuk melakukan transaksi,” ujarnya usai peluncuran atm tanpa kartu di Stadion Mandala Krida, Minggu pagi (21/10).

Ia menjelaskan ATM tanpa kartu, merupakan teknologi yang menggunakan notifikasi baru dengan menggunakan ponsel. Hal tersebut memanfaatkan fasilitas yang ada.

“Sebab rata-rata semua nasabah Bank Jogja sudah punya HP. Dalam penerapannya, nanti semua nomor ponsel nasabah harus terdaftar terlebih dahulu” katanya

Cara kerja ATM tanpa kartu tersebut, lanjutnya, nasabah terlebih dulu mendaftarkan nomor ponsel dan rekening Bank Jogja ke costumer service. Setelah itu nasabah mengunduh aplikasi tersebut baik lewat Google Play Store untuk sistem operasional android dan iOS untuk produk Apple.

“Aplikasi ini aman karena ada password bagi penggunanya. Ada juga kode penarikan dan PIN untuk tarik tunai melalui mesin ATM,” katanya.

Rencanya ATM milik Bank Jogja ini akan di tempatkan di lima tempat yakni Kantor Pusat Bank Jogja yang ada di Patangpuluhan, kantor kas Gedongkuning, Balai Kota, XT Square dan kantor kecamatan Jetis.

Menurutnya selain simpel nasabah juga akan lebih mudah dan nyaman bertransaksi selama 24 jam tanpa harus menunggu kantor buka.

Ia berharap aplikasi tersebut bisa memanjakan nasabah Bank Jogja karena sangat penggunaannya sangat simple dan aman.

“Saat ini masih dalam tahap uji coba dan menunggu izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kalau sudah dapat izin dari OJK, nasabah bisa menggunakan aplikasi yang pertama ada di Jogja ini,” katanya.

Sementara itu, Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti berharap agar Bank Jogja terus berinovasi meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Sebagai perusahaan daerah di bidang perbankan, Bank Jogja juga diminta untuk terus meningkatkan pelayanan.

“Inovasi layanan yang dilakukan Bank Jogja turut berkontribusi kepada program pembangunan yang dilakukan oleh Pemkot," ujarnya. (Han)