Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke-73. Ia berpesan kepada pegawai Kemenag untuk bekerja secara profesional untuk melayani warga.

Menurutnya, peran Kementerian Agama sangat strategis dalam pembangunan kehidupan berbangsa dan bernegara yang memiliki dimensi keagamaan, moral, dan spiritual yang harus selalu dijaga.

"Melalui peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-73 ini, saya yakin jajaran Kementerian Agama akan bertekad untuk meningkatkan profesionalitas dan menjaga sikap amanah dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya," katanya di Halaman Balaikota, Kamis (3/1/2019).

Profesionalitas yang dimaksud, lanjutnya, adalah berkaitan dengan komitmen dan kemampuan melaksanakan tugas sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, sedangkan amanah berkaitan dengan sikap mental, moral, dan karakter.  

"Saya mengajak kepada seluruh jajaran Kementerian Agama Kota Yogya, mari kita memelihara sinergi yang telah terbangun di antara kita semua dalam proses pembangunan Kota Yogya, bekerja dengan penuh integritas, loyalitas, melaksanakan tugas di atas prinsip kebenaran, serta membawa kebaikan bagi lingkungan dan tempat kita bekerja," ujarnya.  

Ia juga meminta pegawai Kemenag untuk terus berinovasi dengan perkembangan zaman."Kita harus bisa berinovasi, jangan sampai dianggap mesin tua. Saya berharap semua layanan di Kemenag juga terintegrasi," terangnya.

Walikota juga berpesan kepada masyarakat Kota Yogya, terutama generasi muda agar selalu ingat berdoa dan berterima kasih kepada para pendahulu bangsa yang begitu hebat, keberadaan Kementerian Agama begitu penting, Agama menjadi pilar untuk membangun karakter.

“Apa lagi di situasi yang sekarang, banyak yang mengaku beragama, namun perilakunya berlawanan dengan agama, Seperti banyak kita lihat di Medsos, saling menyebar kebencian, adu domba, generasi muda mesti dibekali dengan ilmu agama yang kuat,” tegas Walikota. (Han)