Pelajar beradu kelincahan robot terbang atau yang sering dikenal dengan istilah Drone di Hall Phytagoras, Taman Pintar Yogyakarta, Sabtu (1/12). 

Drone merupakan salah satu tekhnologi canggih yang berupa kendaraan udara berbentuk menyerupai pesawat terbang atau juga helikopter yang dapat di operasikan tanpa dikendarai oleh awak atau pilot.

Taman Pintar menggandeng Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu (LPPT) Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk menggelar kegiatan Kontes Robot Terbang Yogyakarta (KRTY).

KRTY ini merupakan kali pertama dilaksanakan di Taman Pintar sebagai sarana pembelajaran bagi pelajar tentang robot terbang atau drone mengikuti perkembangan dunia robot yang sudah semakin berkembang pesat sampai pada penemuan alat tersebut.

Kepala Bidang Pengelolaan Taman Pintar, Afia Rosdiana mengatakan, KRTY 2018 merupakan sarana pembelajaran bagi pelajar tentang robot terbang.

"Perkembangan dunia robot sudah semakin berkembang pesat. Robot terbang atau drone juga merupakan salah satu perkembangannya. Jadi kontes ini bisa menjadi sarana pembelajaran," ujarnya.

Afia Rosdiana menambahkan kegiatan ini sesuai dengan misi Taman Pintar yaitu menhembangkan sumber daya manusia. “Kontes ini merupakan perkembangan dari kontes berbasis teknologi untuk pelajar. Sesuai dengan misi Taman Pintar yaitu menhembangkan sumber daya manusia, khususnya pelajar di bidang sains dan teknologi," katanya.

Afia Rosdiana mengatakan, sekitar 25 tim yang berpartisipasi dalam KRTY 2018. Masing-masing tim terdiri dari dua orang yaitu pilot dan co-pilot. Selain itu ada dua kategori dalam kontes ini, yaitu Kategori Expert SMP, SMA dan Kategori Pemula yaitu SD.

"Untuk kategori pemula, tidak hanya sekedar melewati rintangan saja. Tetapi nanti siswa juga menjawab soal matematika, yang soalnya ada di rintangan itu. Kalau untuk yang expert, peserta ditantang untuk tercepat dan terlintah. Semua ada rintangan dan tantangannya masing-masing," jelasnya.

Kegiatan ini merupakan pengembangan kontes berbasis tehnologi untuk pelajar di Taman Pintar sehingga sejalan dengan misi Taman Pintar untuk mengembangkan sumber daya manusia, khusunya pelajar, di bidang sains dan tehnologi. (Hes)