Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Badan Kepegawaian Pendidikan Pelatihan (BKPP) Kota Yogya menggelar pembekalan terhadap para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungannya yang hendak memasuki masa purna tugas. Pembekalan tersebut bertujuan agar calon purna tugas menjadi lebih siap. Ada Sebanyak 200 PNS pra purna yang mengikuti pembekalan tersebut.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan jika pembekalan tersebut sangat diperlukan, karena dengan pembekalan tersebut para karyawan pra purna mendapatkan informasi tentang bagaimana menyesuaikan diri setelah purna nantinya.

 “Melalui informasi tersebut, diharapkan PNS pra purna akan mendapatkan kejelasan mengenai apa yang masih diterima dan difasilitasi institusi serta apa yang tidak diterima lagi setelah pensiun. Kejelasan hak dan kewajiban ini akan membantu rencana pegawai dalam masa pensiunnya,” ujarnya di Griya Persada, Sleman, Selasa (10/10).

Ia juga mengajak para calon pensiunan untuk mulai memikirkan dan menjalankan dunia wirausaha. “Ketika kita pensiun bukan berarti kita tidak produktif lagi, dunia wirausaha merupakan pilihan yang tepat untuk para pensiunan, Kuncinya kita harus sungguh-sungguh dan memulai dari hal yang kecil, InsyaAllah akan banyak manfaatnya jika kita berwirausaha” ujarnya.

Menurutnya masa pensiun adalah masa dimana para angkatan kerja mulai mengurangi aktivitasnya dalam melakukan pekerjaan. Mulai mendelegasikan beberapa pekerjaan guna memupuk kader-kader baru yang dapat menggantikan posisi yang sebelumnya dijabat.

"Pensiun bukan berarti tidak dapat berkarya nyata, dan bukan berarti terbuang dari sistem. Malah seharusnya karena tidak berada di dalam sebuah sistem lagi, para pensiun dapat bebas berekspresi memberikan sumbangan kepada pembangunan Kota Yogya nantinya," katanya.

Oleh karena itulah menurut Wawali perlu diberikannya pembekalan kepada ASN yang akan memasuki masa pensiun, tujuannya ialah untuk memberikan wawasan kepada ASN sehingga ASN tersebut siap menghadapi dan mempersiapkan kegiatan disaat pensiun nanti sehingga dimasa pensiun tetap semangat dan menjadi lebih bermanfaat.

"Dengan pembekalan ini bapak/ibu dapat saling bertukar informasi, yang akan sangat bermanfaat menambah wawasan, relasi dan juga persaudaraan baru, serta memberikan alternatif pemecahan masalah yang ASN hadapi pada masa purna tugas."ungkapnya.

Ia berpesan kepada para peserta untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan baik dan seksama. ”Semoga apa yang disampaikan pada kegiatan ini dapat bermanfaat dan membuka wawasan panjenengan sehingga tujuan kegiatan ini dapat tercapai,”pungkasnya. (Han).