Portal Berita Pemerintah Kota Yogyakarta
adminwarta, 07 Agustus 2014 SEGERR MAK NYUS SOTO PAK MUH
berita

Makan enak dengan suasana santai tidak harus direstoran. Di Jalan Pramuka Pakel Baru Yogyakarta, tepatnya depan TK Bumi Warta di warung yang sederhana setiap pagi banyak orang rela antre untuk sekedar mendapatkan semangkuk soto magelang racikan Pak Muh. Sesosok lelaki tambun dengan ciri khas menggunakan topi ala chef warna putih tampak cekatan dan teliti menyiapkan pesanan pelanggan sesuai dengan selera masing-masing.

Sekilas tampilan soto Pak Muh tidak berbeda dengan soto-soto yang lain, tetapi setelah mencicipi baru terasa lezatnya. Soto Pak Muh disajikan dalam mangkok yang terdiri dari nasi putih, soun, tauge, irisan daging sapi diguyur kaldu sapi yang gurih dengan taburan bawang goreng dan daun loncang dicincang. Disajikan kepada pembeli masih panas mengepul sungguh terasa segar nikmat. Untuk menemani menyantap soto, Pak Muh menyediakan berbagai macam lauk yaitu tempe goreng, perkedel kentang, sate jeroan, sate telor puyuh, lumpia mini, dan usus goreng yang disajikan masing-masing 2 biji dalam satu piring. Untuk menambah kerenyahan, Pak Muh menawarkan kerupuk rambak yang terbuat dari kulit sapi asli. Menyantap soto Pak Muh dengan lauk pelengkapnya sungguh menambah cita rasa dan kenikmatan sajian.

Pak Muhadi yang berasal dari Magelang memulai berjualan pada tahun 1987 dengan menggunakan grobak keliling perumahan di sekitar Pakel Baru. Resep soto diperoleh dari ayahnya yang juga berjualan soto di Magelang. Untuk menyesuaikan dengan selera pembeli di Jogja, Pak Muh menambah bumbu-bumbu tertentu agar pas dengan selera wong Jogja. “Setiap hari saya jualan dibantu istri dan seorang anak mulai pukul 08.00 sampai sekitar puku 13.00. Tetapi sering juga jam 11.00 sudah habis terutama pada hari libur”, jelas Pak Muh.

            Sekarang pelangan Soto Pak Muh sudah meluas dari berbagai kalangan mulai mahasiswa, pegawai kantor, pedagang pasar sepeda dan warga sekitar. Untuk mencicipi kelezatan soto Pak Muh jangan datang kesiangan karena keburu habis dan cukup sediakan uang Rp. 9.000 bagi semangkok soto. Dijamin mak nyuss dan ketagihan. (Dian)


  (29 nilai)

Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Pencarian
Agenda Akan Datang

Maaf, belum ada agenda untuk bulan ini

Agenda Rapat Hari Ini

Maaf, belum ada agenda rapat untuk saat ini

Statistik Pengunjung
Hari Ini 805 Kemarin 1468 Bulan Ini 25257 Tahun Ini 55195 Total Pengunjung 55195
Lokasi Kantor

Segera Terpetakan


Tautan Terkait